Berita


Hari Palang Merah Indonesia dan Sejarahnya

Setiap tanggal 3 September Indonesia memepringati hari spesial yaitu Hari Palang Merah Indonesia. PMI merupakan organisasi kemanusiaan pertama dan terbesar di Indonesia saat ini. PMI bertugas memberikan bantuan dan layanan pada masyarakat korban konflik, bencana, krisis kesehatan, mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional. Selain itu, PMI juga memiliki unit donor darah di setiap kota untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat. 


Sejarah Hari Palang Merah Indonesia Diperingati 3 September

Sejarah kepalangmerahan di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak masa sebelum Perang Dunia Kedua. Dilansir dari situs resmi Palang Merah Indonesia (PMI), pada 21 Oktober 1873, Palang Merah di Indonesia didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama Nederlandse Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai), yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.Selanjutnya, perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia diawali sejak sekitar tahun 1932.Kegiatan tersebut dipelopori oleh Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan dan mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia.

Pada tahun 1940, rancangan pendirian PMI itu dibawa ke dalam sidang Konferensi Nerkai. Namun, akhirnya ditolak mentah-mentah. Kemudian, rancangan tersebut disimpan untuk menunggu kesempatan yang tepat. Di masa pendudukan Jepang, para pelopor pendiri PMI mencoba kembali membentuk Badan Palang Merah Nasional. Namun, sekali lagi upaya tersebut dihalangi Pemerintah Tentara Jepang, sehingga untuk kedua kalinya rancangan itu harus kembali disimpan.

Setelah Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 3 September 1945, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Dan atas perintah tersebut, maka pada 5 September 1945 dibentuklah Panitia 5 oleh Dr. Buntaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I.Akhirnya, Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibentuk pada 17 September 1945. 

Perhimpunan Palang Merah Indonesia kala itu diketuai oleh Mohammad Hatta.Palang Merah Indonesia telah banyak melakukan kegiatan bantuan seperti terhadap korban perang revolusi kemerdekaan Republik Indonesia dan pengembalian tawanan perang sekutu maupun Jepang. Atas karena kinerja tersebut, PMI mendapat pengakuan secara Internasional pada tahun 1950 dengan menjadi anggota Palang Merah Internasional dan disahkan keberadaannya secara nasional melalui Keppres No.25 tahun 1959 dan kemudian diperkuat dengan Keppres No.246 tahun 1963.

Oleh karena itu, pada bulan September hari bersejarah Palang Merah di Indonesia diperingati atau dirayakan sebanyak dua kali yakni Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada tanggal 3 September 2021 dan Hari Palang Merah Nasional diperingati pada tanggal 17 September 2021.

dilansir dari berbagai sumber

Kontak


Alamat :

Jalan Lintas Sumatera KM. 114, Tanah Bedantung, Sijunjung

Telepon :

0754 7018124

Email :

smanegeri9sijunjung@gmail.com

Website :

www.sembilansijunjung.sch.id

Media Sosial :